Kamis, 07 Juli 2011

Menstruasi Perdana


Ada yang panik, ada yang tidak. ada yang cemas, ada yang tidak, ada yang malu, ada yang tidak. diawal menjadi seorang gadis yang sempurna.
Menarche adalah Peristiwa terpenting yang terjadi pada gadis remaja ialah datangnya haid yang pertama kali  yang  pertama  ini  datang  dinamakan. Menarche sebenarnya  hanyalah puncak  dari  serangkaian  perubahan  yang  terjadi  pada  seorang  gadis  yang  sedang menginjak dewasa.
Dalam beberapa tahun ini, tampak ada penurunan nyata dari umur menarche, penurunan ini di catat di USA, kurang dari 10% dari perempuan mulai haid sebelum usia 11 tahun, dan 90% pada usia 13-14 tahun dengan rata-rata usia 12 tahun.
Menurut Hinchliff (1999), menarche adalah periode menstruasi yang pertama terjadi pada masa pubertas seorang wanita. Sedangkan menurut Pearce(1999), menarche diartikan sebagai permulaan mesntruasi pada gais pada masa pubertas, yang biasanya muncul pada usia 11-14 tahun.
Menarche bisanya dapat terjadi sewaktu-waktu antara 9-16 tergantung atas tinggimu, berat, dan latar belakang budaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi menarche adalah pengaruh keturunan, budaya dan semakin baiknya status gizi seseorang dalam menentukan cepatnya perkembangan seseorang.  Banyak anak-anak perempuan yang kurang makan atau terlalu ringan tidak mendapatkan menarche pada waktu yang tepat.
Gejala menarche yang dirasakan oleh remaja putri yang pertama kali adalah timbulnya perasaan gelisah, atau perut terasa kembung, ini biasanya disebabkan oleh air didalam tubuhnya berkurang karena mempertahankan proses terjadinya haid. Tanda lain yaitu sakit kepala sedikit, sakit kaki atau punggung untuk beberapa jam, gejala menarche yang umum adalah sakit perut untuk hari pertama.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons